Friday, May 1, 2020

Info LengkapUkuran Foto 3×4: Dalam Pixel, MM, CM 27


Diasen Amor - Banyak orang mencari cara untuk mengambil foto 3x4 karena ada banyak kegunaan. Yang paling umum adalah kebutuhan untuk foto ID dalam pengelolaan dokumen KTP, ijazah, sertifikat, buku pernikahan, integritas daftar sekolah dan banyak lainnya.

Untuk membuat foto 3 × 4, ada beberapa langkah, yang pertama, tentu saja, harus terlebih dahulu diambil dengan kamera. Foto diambil dengan kamera resolusi tinggi, sehingga ukurannya tidak sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan.

Inilah sebabnya mengapa Anda harus terlebih dahulu melalui proses pengeditan menggunakan aplikasi pengeditan untuk membuat foto 3 × 4. Bagaimana Anda melakukannya? Nah, kali ini, Mastek tidak akan membahas cara mengatur ukuran foto 3 × 4.

Ukuran foto 3 × 4 piksel


Seperti yang saya katakan sebelumnya, untuk mengambil gambar dalam format 3 × 4, Anda harus terlebih dahulu mengedit. Karena masalahnya adalah resolusi foto dalam aplikasi pengeditan terutama menggunakan satuan piksel.

Sedangkan foto 3 × 4 sendiri dihitung dalam sentimeter. Keduanya memiliki unit yang berbeda, perbedaan antara cm dan piksel juga sangat berjauhan. Inilah sebabnya mengapa kita harus tahu terlebih dahulu ukuran foto 3 × 4 dalam piksel.

Jika pencetakan dipaksa dalam piksel, hasilnya tidak tepat. Gambar rusak dan buram karena perbedaan ukuran yang sangat besar. Tetapi pertanyaannya sekarang adalah ukuran apa yang harus kita tentukan untuk membuat foto 3 × 4 piksel?

Ukuran foto 3 × 4 dihitung dalam satuan cm. sedangkan jika kita mengonversinya menjadi piksel, ukuran yang paling sesuai adalah 354 x 472 piksel pada 300 dpi.

Ukuran ini telah menjadi standar internasional, sehingga ukuran satuan piksel digunakan tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia.

Ketika Anda mengunjungi situs eksternal yang ditautkan ke foto, Anda akan menemukan ukuran piksel.

Anda juga harus tahu bahwa walaupun dihitung 3 cm x 4 cm, ukuran sebenarnya dari foto 3 x 4 sedikit berkurang menjadi 2,8 cm x 3,8 cm. Ini dilakukan untuk memudahkan kita ketika kita memotong foto nanti.

Cara menyesuaikan ukuran foto 3 × 4 di Photoshop

Sebelum Anda mulai menyesuaikan ukuran foto, hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan foto terlebih dahulu. Dianjurkan untuk menggunakan foto dengan resolusi yang lebih tinggi sehingga ketika gambar nanti dimodifikasi, itu tidak akan rusak.

Kemudian perhatikan foto paspor di laptop atau PC yang Anda gunakan untuk mengedit dengan Adobe Photoshop. Untuk langkah-langkahnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Unduh dan instal Photoshop

Pertama, Anda perlu mengunduh dan menginstal perangkat lunak Photoshop di laptop atau PC yang Anda gunakan untuk memodifikasinya nanti. Setelah menginstalnya dengan sukses, buka Photoshop di laptop / komputer Anda.

Buka foto yang ingin Anda edit.

Setelah Photoshop terbuka, selanjutnya silahkan klik menu File di sebelah kiri atas, kemudian pilih Open atau bisa juga dengan menggunakan shortcut Ctrl + O, setelah itu buka pas foto yang sudah kalian siapkan sebelumnya untuk diedit.

Edit Foto


Setelah foto terbuka, langkah selanjutnya klik Image > Image Size atau bisa juga dengan menggunakan shortcut Ctrl+Alt+I.

Setelah itu silahkan hilangkan centang pada Constrain Proportions dan atur ukurannya dengan:


  • Width = 354 pixels
  • Height = 472 pixels

Simpan foto

Setelah Anda selesai, langkah terakhir adalah mencetak foto atau Anda dapat menyimpannya terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengklik File> Save As> Next, konfigurasikan penyimpanan dan gunakan format gambar JPG untuk hasil terbaik.

No comments:

Post a Comment